PENDAHULUAN

Sebuah pesawat akan membuang asap sisa pembakaran agar dapat terbang dengan baik, begitu pula dengan kendaraan bermotor lainnya. Seandainya asap sisa pembakaran tidak dibuang maka kinerja pesawat akan terganggu. Dalam tubuh kita juga terdapat zat-zat sisa proses metabolisme yang sebelumnya telah berlangsung dalam tubuh yang harus dibuang agar tidak menggangu keseimbangan yang ada di dalam tubuh. Apabila zat-zat tersebut terus tersimpan di dalam tubuh maka tubuh kita akan sakit dan bahkan akan membahayakan nyawa kita. Pembuangan limbah metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh dinamakan ekskresi. Jadi menurut kamu apa fungsi sistem ekskresi? Alat-alat apa saja yang diperlukan tubuh kita untuk membuang zat-zat tersebut? Kemudian, zat-zat apa saja yang dapat membahayakan tubuh kita? dan bagaimana mekanismenya? Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari sistem ekskresi. Akan tetapi sebelumnya kita harus bisa membedakan proses pengeluaran zat sisa didalam tubuh kita. Proses pengeluaran zat sisa dari dalam  tubuh  manusia dibedakan menjadi 3 macam, yakni defekasi, ekskresi dan sekresi. 

  1. Defekasi : yaitu proses pengeluaran sisa pencernaan makanan yang disebut feses dan dikeluarkan melalui anus. Zat sisa pencernaan yang dikeluarkan belum pernah mengalami metabolisme di dalam jaringan. Zat yang dikeluarkan meliputi zat yang tidak diserap oleh usus,  sel epitel usus yang rusak dan mikroba usus. 
  2. Ekskresi : yaitu pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak berguna lagi bagi tubuh, dikeluarkan bersama urine, keringat dan pernapasan. 
  3. Sekresi : yaitu pengeluaran getah oleh sel dan  kelenjar. Getah yang dikeluarkan masih berguna bagi proses faal didalam tubuh dan umumnya mengandung enzim. 
Dalam uraian berikut ini yang akan dibahas yaitu sistem ekskresi, sedangkan masalah defekasi dan sekresi dibicarakan pada sistem pencernaan

Fungsi Sistem Ekskresi
  1. Membuang limbah yang tidak berguna dan beracun dari dalam tubuh
  2. Mengatur konsentrasi dan volume cairan tubuh (osmoregulasi)
  3. Mempertahankan temperatur tubuh dalam kisaran normal (termoregulasi)
  4. Homeostasis

Organ atau alat-alat ekskresi pada manusia terdiri dari:
  • Paru-paru
  • Hati
  • Kulit, dan
  • Ginjal