GANGGUAN & KELAINAN PADA GINJAL


GAGAL GINJAL

Kegagalan fungsi ginjal yang akut dapat menyebabkan nefritis, perdarahan, dan fungsi ginjal terhenti secara tiba-tiba . gejala umum yang terjadi adalah tidak terbentuk uri yang disebut Urinaria. Gejala ini berbahaya karena dapat menimbulkan uremia. Uremia yaitu terbawanya urine kedalam aliran darah yang disebabkan kebocoran pada salah satu saluran dalam nefron. Akibat dari keadaan tersebut, penyerapan air oleh darah terganggu, sehingga terjadi penimbunan air pada kaki dan timbul bengkak (edema), demikian pula dengan organ yang lain.

NEFRITIS

Nefritis adalah peradangan pada nefron karena bakteri streptococcus yang masuk melalui saluran pernapasan. Dari saluran pernapasan bakteri terbawa oleh darah ke ginjal. Akibat adanya peradangan, protein yang masuk bersama urin primer tidak dapat disaring, sehingga akan ikut keluar bersama Urin. Nefritis kronis biasanya terjadi pada orang lanjut usia yang ditandai tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah dalam ginjal, dan rusaknya glomerulus dan tubulus.

DIABETES INSIPIDUS

Diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang disebabkan kelenjar hipofisis gagal mensekresikan hormon antidiuretik, sehingga ekskresi urin meningkat. Pada umumnya urin yang diekskresikan berjumlah antara 4-6 liter setiap hari, tetapi dapat mencapai12-15 liter setiap hari, tergantung dari jumlah air yang diminum. Penderita diabetes Insipidus cenderung mengalami dehidrasi dan pengeluaran elektrolit dari cairan tubuh. Akan tetapi kecenderungan ini diimbangi oleh perasaan ingin minum dan ingin makan yang lebih banyak mengandung garam. Penyakit ini umumnya ditimbulkan oleh tumor di hipotalamus atau hipofisis yang mengakibatkan rusaknya bagian hipotalamus yang mengatur sekresi antidiuretik.

DIABETES MELITUS

Diabetes mellitus atau dikenal dengan kencing manis, yaitu terdapatnya glukosa dalam urin yang disebabkan menurunnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Menurunnya hormon insulin menyebabkan terganggunya proses perombakan glikogen menjadi glukosa dan reabsorpsi glukosa dalam glomerulus.

ALBUMINURIA

Albuminuria yaitu terdapatnya molekul albumin dan protein lain di dalam urin . albuminuria disebabkan terjadinya kerusakan pada alat filtrasi dalam ginjal sehingga protein dapat lolos pada proses filtrasi.

KENCING BATU (BATU GINJAL)




Kencing batu atau batu ginjal, yaitu terbentuknya butir-butir dari senyawa kalsium dan penimbunan asam urat, sehingga membentuk CaCO3 (kalsium karbonat) pada ginjal atau saluran urine yang dapat menyebabkan kesulitan pengeluaran urin. Kencing batu dapat terjadi karena faktor hormon (yang dihasilkan kelenjar anak gondok paratiroid) dan jika seseorang kurang minum atau sering menahan buang air kecil.